Terima Kasih 2020

Ga terasa tahun ini sudah sampai di tanggal 31 Desember 2020.

Kalau bisa di rewind lagi dari kehidupan gw di tahun 2020 maka...

Januari 2020 akhirnya bisa kembali lagi ke Korea Selatan. Nostalgia ke sekolah, silaturahmi sama guru-guru. Datengin tempat-tempat yang sering didatengin dulu pas sekolah di sana. Menyenangkan. ini kayanya akan gw buat sendiri cerita gw balik ke Korea Selatan di Januari 2020 nanti hehe.

Februari 2020 Ibu Dirut dan Pak Vice President dateng dari Korea Selatan. Jadi bulan Februari diisi dengan kerja.. kerja.. dan kerja.. mangat ca! Dan deg-degan juga karena berita Covid-19 (meski belum masuk Indonesia waktu itu) gw harus jemput Dirut dan Vice President gw di Bandara Soekarno Hatta. Dan saat mereka tiba di Indonesia, saat itu di Korea Selatan kasus Covid-19 lagi tinggi-tingginya karena ada satu orang halmoni (nenek dalam bahasa korea) yang positif Covid-19 dan dia menolak untuk diperiksa lalu ikut acara di gereja yang jumlah jemaatnya saat itu ribuan. Jadi melonjaklah kasus yang positif Covid-19 di Korea Selatan.

Maret 2020 pemerintah sudah mengumumkan bahwa Covid-19 sudah masuk Indonesia. Dan gw saat itu baru banget menjadi siswa sejong 7 di King Sejong Institute Center Indonesia (KSIC) hanya beberapa pertemuan aja yang tatap muka, sisanya belajar online via zoom. Biasanya tiap Rabu-Jumat balik kantor langsung berangkat ke APL Tower Central Park tempat dimana KSIC berada. Ya.. ada plus minus nya sih pasti belajar online. Contohnya ga harus bolak balik Central Park - Bekasi.

April 2020 - Mei 2020 hmm kayanya 2 bulan itu ga ada yang terlalu spesial. Palingan takut aja klo mau keluar rumah berangkat kerja. Karena ketika banyak orang bisa bekerja dari rumah, gw tetap harus ke kantor. Ya ga masalah juga sih. Kerja dari rumah malah makin ribet digangguin ponakan-ponakan hahaha

Juni 2020 gw memberanikan diri untuk pertama kalinya membuka kelas online belajar bahasa korea di lembaga gw sendiri yaitu Rumah Belajar Bahasa Korea. Sebenarnya keinginan gw untuk buka kelas online sudah dari tahun 2018, tapi saat itu masih bingung medianya gimana, lalu proses belajar mengajarnya gimana, apakah bisa belajar efektif kalau online, dan lain sebagainya. Seperti yang gw bilang tadi pandemi Covid-19 membawa hikmah. Karena gw dari Maret 2020 sudah merasakan belajar online ketika jadi siswa di KSIC, maka dari tiap pertemuan dengan KSIC gw serap semua cara, teknis, plus-minus, dan lain-lain ketika belajar online. Dan alhamdulillah sampai sekarang gw masih mengajar online bahasa korea di lembaga gw sendiri.

Juli 2020, Agustus 2020, dan September 2020 diisi dengan sibuk bekerja dari kantor dan mengajar selama pandemi. Lebih banyak bersyukur dengan cobaan dan kenyataan dilapangan, juga lingkungan sekitar. Bahwa nikmat yang Allah SWT berikan kepada gw dan keluarga sangatlah berlimpah. Masya Allah, Syukur Alhamdulillah.

Oktober 2020 ponakan gw yang paling kecil sakit dan harus di rawat di rumah sakit selama 5 hari. Gw yang nganter ke UGD sampai dia dimasukin ke ruang perawatan. Sedih dan takut datang bersamaan waktu itu, karena pandemi gini gw dan keluarga gw harus ke RS. Alhamdulillah anaknya sudah sehat, aktif, ceria, dan nakal lagi seperti biasa. Alhamdulillah ya Allah ya Rabb.

November 2020 sudah mulai oleng karena ga bisa liburan padahal kerjaan kantor bisa di remote dan ngajar online bisa dari mana aja selagi ada jaringan internet yang bagus. Oh ya dan dari September sampai Desember 2020 gw kembali menjadi siswa sejong 8 di KSIC (level akhir), belajarnya tetap online juga. Jadi selama September 2020 sampai Desember 2020 kegiatan gw adalah kerja, ngajar, dan belajar. Harusnya bisa banget liburan klo ga ada pandemi.. namun apadaya.. Tapi bersyukur banget masih dikasih umur, sehat, dan keluarga juga sehat-sehat. Alhamdulillah.

Desember 2020 bulan terakhir dari 1 tahun dan juga menjadi bulan kelahiran gw. Tapi kayanya sudah 3 atau 4 tahunan ya ga pernah lagi nunggu bulan Desember karena ulang tahun. hahaha Usia berkurang. Dan ga ngitung lagi usia gw udah berapa ya, jadi klo ada yang tiba-tiba tanya umur, ngitung dulu hahaha. Dan tahun ini satu rumah juga pada lupa sama ulang tahun gw, bener-bener pada lupa ga ada yang ngucapin sama sekali. Baru pada inget besokkan nya .. ngakak banget deh ah. Sedih ga? Engga sama sekali, karena ga penting juga. Dan ya tanggal lahir gw tahun 2020 ini juga bertepatan dengan tanggal final exam gw di KSIC. Stress gila belajarnya. Ampun susah bener bahasa korea yorobun~. Makin dipelajari makin susah gaes wkwk. Tapi hari itu jadi bermakna sih, gw mengapresiasi diri gw sendiri sudah bertahan sejauh ini untuk belajar bahasa korea. Akhirnya selesai juga gw menyelesaikan 5 level Sejong Hanggugo start di KCC (sejong 4 dan sejong 5) lalu sambung belajar di KSIC (Sejong 6, Sejong 7, Sejong 8) lega banget rasanya. Satu beban lepas, meski beban yang lain masih enggan untuk lepas hahaha... Dan harusnya Desember 2020 ini gw bisa berangkat lagi ke Korea Selatan untuk rapat tahunan bareng kantor di sana, atasan gw sedih bilang klo gw ga bisa datang ke sana dulu untuk rapat tahunan kali ini. Insya Allah semoga keadaan segera membaik, semoga masih ada umur dan rejeki, tahun depan sudah bisa ke Korea Selatan lagi. Aamiin.

Masya Allah, cepat sekali waktu berjalan. Ngerasain ga sih? ketika pagi datang lalu ga lama udah malem lagi aja. Semoga waktu yang diberikan ke kita di tahun 2020 ini bisa membuat kita jadi lebih menghargai hidup, menghargai kesehatan, menghargai orang lain, menghargai waktu, dan lain-lain. Belajar banyak dari pandemi ini, hikmahnya luar biasa.

Terima kasih 2020. Semoga semua yang baik bersamamu akan terus mengikut di tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Dan semoga semua yang buruk darimu tertinggal di sana selamanya, namun hikmah dari tahunmu begitu luar biasa. Kami.. aku belajar banyak darimu bahwa rejeki bukanlah hanya sekedar materi. Dan bersyukur adalah kunci dari kebahagiaan. Juga setiap waktu yang kuhabiskan bersama keluarga adalah waktu yang sangat berharga dan indah yang tak ternilai harganya. Bahagia ku rasakan. Karena rejeki itu sangat luas ternyata artinya : keluarga yang sehat, tidak kurang satu apa pun, masih bisa makan - minum, masih ada tempat berteduh yang nyaman dan aman, masih ada tempat mengadu, masih ada pelukan hangat dari keluarga dan orang-orang terdekat yang kudapat. Terima kasih.. dan Selamat tinggal 2020.

Dan ya 2020.. Tahunmu akan menjadi cerita untuk anak cucu kami nanti.. Mungkin untuk bercerita soal pengalaman hidup, atau cerita untuk menemani sore hari ketika duduk santai bersama sambil ditemani teh hangat dan pisang goreng.. hmm..

Sekian. Terima kasih sudah membaca sampai akhir :)




Comments

Popular posts from this blog

Lots of Love and Laugh

Seandainya ...

Tersenyumlah :-)